Gulirkan Pengadaan Laptop, LPM Ciketingudik Ingin Karang Taruna Makin Melek Teknologi

Kota Bekasi, MPI
Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Ciketingudik, Kecamatan Bantargebang, Kota Bekasi, kembali menggulirkan program pemberdayaan bagi kalangan remaja dan pemuda. Manfaat program kali ini menyasar jajaran pengurus Karang Taruna tingkat Unit yang ada di masing-masing lingkungan RW.
Program yang digulirkan ini berupa pengadaan perangkat laptop yang belum lama ini diserahkan secara simbolis oleh Ketua Karang Taruna Kelurahan Ciketingudik Junaedi Salim kepada para ketua pengurus Karang Taruna tingkat Unit.

Ketua LPM Ciketingudik Salim Samsudin menjelaskan program pengadaan laptop ini berdasarkan usulan para pengurus Karang Taruna yang ada di lingkungan RW. “Secara estafet, usulan itu lalu mereka sampaikan kepada pengurus Karang Taruna Kelurahan Ciketingudik dan barulah diserap oleh kami yang ada di LPM Ciketingudik,” ujarnya.
Salim memahami adanya perangkat laptop merupakan satu kebutuhan vital untuk mendukung kinerja organisasi Karang Taruna. “Apalagi dalam kondisi pandemi Corona saat ini, tentunya sangat membantu pengurus Karang Taruna dalam menjalin komunikasi dan koordinasi baik di internal organisasi Karang Taruna maupun dengan kami yang ada LPM Ciketingudik sehingga tidak perlu lagi berkumpul atau berkerumun dalam berkomunikasi, cukup melalui saluran internet atau online,” paparnya.

Salim menyebut ada delapan unit laptop yang disalurkan oleh LPM Ciketingudik kepada pengurus Karang Taruna tingkat Unit. “Dari 9 unit Karang Taruna yang ada di Ciketingudik, kami salurkan delapan unit laptop untuk masing-masing pengurus unit Karang Taruna karena ada satu unit Karang Taruna yang sudah memiliki laptop sendiri yakni Karang Taruna Unit 09,” ulasnya.
Lebih lanjut Salim menegaskan pihaknya memiliki program-program pemberdayaan untuk kalangan remaja dan pemuda yang ada di Ciketingudik. “Apalagi Karang Taruna merupakan ujung tombak atau barisan terdepan penggerak kegiatan sosial di masyarakat, makanya kami ingin Karang Taruna makin eksis berkiprah dan yang terpenting adalah makin melek teknologi,” tegasnya.

Terpisah, Ketua Karang Taruna Kelurahan Ciketingudik Junaedi Salim berharap para pengurus Unit Karang Taruna makin semangat dalam menggiatkan program sosial kepemudaan di lingkungan masyarakat. “Terutama dalam hal tertib administrasi, adanya perangkat laptop sangat membantu para pengurus Karang Taruna dalam menyusun administrasi, program kerja, atau bisa juga untuk menyimpan dokumentasi kegiatan yang sudah dijalankan,” katanya.
Sementara itu, sikap apresiasi disampaikan Ketua Karang Taruna Unit 01 Ciketingudik Anim Wijaya terhadap dukungan dan perhatian yang diberikan LPM Ciketingudik. “Sebelumnya, pihak LPM juga sudah memberikan bantuan berupa handy talky dan seragam untuk Karang Taruna, dan kami sangat mengapresiasi segala dukungan dan perhatian pihak LPM demi eksistensi Karang Taruna,” katanya.
Anim mejelaskan, bantuan perangkat laptop sangat bermanfaat untuk tertib administrasi organisasi Karang Taruna. “Kami tidak bingung lagi untuk menyimpan dokumentasi program atau kegiatan, dan kami juga bisa leluasa menyusun rencana program kerja yang akan kami giatkan dalam bidang sosial di masyarakat,” ucapnya.
Lebih lanjut Anim menambahkan pihaknya masih membutuhkan kelengkapan alat tulis kantor, termasuk perangkat mesin printer. “Ya kalau boleh Curhat, kami juga sangat berharap dukungan dari LPM untuk kegiatan-kegiatan sosial yang dilaksanakan Karang Taruna di lingkungan masyarakat,” ungkapnya.
Dengan sinergitas yang terjalin, Anim mengaku termotivasi untuk makin semangat menjalankan roda organisasi dan berkontribusi positif untuk lingkungan. “Karena saya yakin para remaja dan pemuda Ciketingudik sangat haus kegiatan-kegiatan positif, jika ada dukungan maka saya yakin para pemuda langsung bergerak dan berkiprah demi kemajuan lingkungan masyarakat,” pungkasnya. (Mul)