Menuju Herd Immunity, Ratusan Guru di Pekayonjaya Terima Vaksin Sinovac

 
Kota Bekasi, MPI
Program pemberian vaksin sinovac hari ini, Selasa (6/4), menyasar kalangan guru pendidik yang bertugas di wilayah Kelurahan Pekayonjaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi. Ditargetkan sebanyak 600 guru pendidik untuk jenjang pendidikan PAUD, TK dan SD, menerima vaksin pencegah virus Covid-19 untuk tahap pertama yang dilaksanakan secara massal di Lagoon Avenue Mall ini.

Sebelum menerima suntikan vaksin, para peserta harus melalui beberapa tahapan, seperti pendaftaran, dan pengecekan kondisi tubuh atau skrining kesehatan. Setelah disuntik, para peserta juga harus melalui tahapan observasi sekitar 30 menit untuk mengetahui kenungkinan adanya efek yang dirasakan peserta setelah menerima vaksin sinovac.
Saat diajak berbincang, Kepala Puskesmas Pekayonjaya, dr Agung Insani Firdaus, menjelaskan pemberian vaksin sinovac ini dilakukan secara tiga tahapan waktu, yakni pagi, siang dan sore hari. “Untuk mengjindari terjadinya kerumunan, kami lakukan bertahap dengan masing-masing sebanyak 200 peserta untuk tiap tahapannya,” ujar Agung didampingi penanggung jawab pemegang program vaksinasi Puskesmas Pekayonjaya Nina Laila Aldy.

Agung menambahkan, seluruh peserta dilayani oleh enam petugas vaksinator, yang terdiri dari tiga vaksinator untuk peserta laki-laki dan tiga vaksinator untuk peserta perempuan. “Kami juga menyediakan ruang tertutup yang khusus digunakan untuk penyuntikan vaksin kepada peserta perempuan,” lanjutnya.
Menurut Agung pemberian vaksin sinovac ini merupakan upaya pemerintah untuk membentuk kekebalan kelompok atau kekebalan kawanan (herd immunuty). “Yakni suatu bentuk perlindungan tidak langsung dari penyakit menular yang terjadi ketika sebagian besar populasi menjadi kebal terhadap infeksi, baik melalui infeksi sebelumnya atau vaksinasi, sehingga individu yang tidak kebal ikut terlindungi,” ulas dia.

Pihaknya sengaja melaksanakan program vaksinasi ini di Lagoon Avenue Mall untuk memberikan kenyamanan bagi para peserta. “Kami tidak mungkin melaksanakan di areal Puskesmas, makanya kami bekerjasama dengan pihak manajemen Lagoon selaku penyedia tempat pelaksanaan vaksin hari ini,” katanya.
Agung bersyukur program vaksinasi ini berjalan aman, tertib dan lancar. “Yang terpenting tidak ada peserta yang merasakan efek negatif setelah mendapat suntikan vaksin sinovac, dan ini bukti bahwa vaksin ini aman, halal dan menyehatkan,” pungkasnya. (Mul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *