Menyambut Bulan Suci Ramadhan DKM Masjid Jami Darul Muhsinin 1 Kalibaru Adakan Santunan Yatim dan Dhuafa

Bekasi, MPI
Kegiatan santunan Yatim dan Dhuafa yang rutin diadakan setiap bulan di Masjid Jami Darul Muhsinin 1 Kalibaru. 11/04/2021
Acara Santunan Yatim dan Dhuafa bersama tausiah Ustad Didi Suryadi, S.Pd. MC. Ali Ghozali Rozak, tokoh masyarakat tokoh Agama dan jamaah di sekitar masjid.

Ustad Didi Surya di, S. Pd dalam tausiahnya menyampaikan Pengertian Puasa Ramadhan, Syarat, Rukun, Hingga Hikmah Puasa Ramadhan.
Pengertian puasa Ramadhan menurut syariat Islam adalah suatu amalan ibadah yang dilakukan dengan menahan diri dari segala sesuatu seperti makan, minum, perbuatan buruk maupun dari yang membatalkan puasa mulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari yang disertai dengan niat karena Allah SWT, dengan syarat dan rukun tertentu.

Puasa dalam Islam juga sering disebut shaum yang merupakan salah satu ibadah yang telah dicontohkan oleh Rosululloh SAW.
Pengertian puasa Ramadhan selain menjaga hawa nafsu, juga wajib dilakukan oleh umat Islam. Hal ini sudah dijelaskan dalam firman Allah dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 183 yaitu:

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.
Jadi firman Allah SWT di atas menjelaskan bahwa melaksanakan puasa Ramadhan adalah wajib hukumnya, di mana hal tersebut adalah bentuk pertanggungjawaban manusia kepada penciptanya secara langsung serta kegiatan yang menyangkut hablum minallah.

Selain pengertian puasa Ramadhan di atas, ada beberapa hal penting lainnya menyangkut puasa Ramadhan seperti rukun puasa Ramadhan, syarat puasa Ramadhan, dan lain sebagainya. “tegas Didi Suryadi”.

Ditempat yang sama H. Paryadi, SE. Menyampaikan
Tujuan Kegiatan.Memberikan hak fakir miskin dengan cara memberikan sedekah, disayangi,
dikasihi dan membantu meringankan beban penderitaannya. Sesuai dengan
Q.S Al-Isra (17) ayat 26 dan Q.S Al-Fajr (89) ayat 17-20).
Memuliakan anak yatim. Sebagaimana yang di perintahkahkan dalam (Q.S An-Nisa’ (4) ayat 36).

Menumbuhkan nilai-nilai sosial kemasyarakatan.
Upaya mengentaskan kemiskinan
Memupuk pribadi yang baik berbagi dan berkasih sayang terhadap sesama Mempererat persaudaraan sesama muslim saling membantu dalam beramal baik.
Menjadi fasilitator yang amanah bagi kaum aghnia (mampu) dan kaum yatim dan dhuafa.” Ucap H. Paryadi”.

Sekretaris DKM Masjid Jami Darul Muhsinin 1 Imam Purnama menyampaikan, pemberian bantuan untuk Yatim Janda dan Dhuafa pada hari ini tanggal 11 April 2021 sebanyak 61 Jiwa meliputi Rt. 002,Rt. 003, dan Rt. 008 Rw
03 Kelurahan Kalibaru Kecamatan Medan Satria Kota Bekasi. Santunan Yatim dan Dhuafa merupakan bagian penting dari program yang dilaksanakan DKM Masjid Jami Darul Muhsinin 1 Kalibaru. Pelaksanaannya berlangsung secara berkelanjutan ” ucap Imam Purnama”.

Erwin Susanto PHBI juga menyampaikan , mengadakan kegiatan santunan anak Yatim dan Dhuafa, kegiatan ini dilakukan dengan melaksanakan protokol kesehatan, menggunakan Masker, Sanitizer, tempat mencuci tangan dan Disinfektan. “tegas Erwin”.
Reporter MPI, Yadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *