Ketuk Pintu Rumah Warga Lansia di Mustikajaya, Coba Tengok Apa Saja yang Dilakukan Uri Huryati

Kota Bekasi, MPI
Secara diam-diam, anggota DPRD Kota Bekasi dari Fraksi Golkar Persatuan Uri Huryati melakukan blusukan ke lingkungan masyarakat di wilayah Kecamatan Mustikajaya. Sasarannya adalah warga dari kalangan lanjut usia (Lansia).

Dengan cara mengetuk rumah-rumah warga, Uri Huryati menyambangi warga dan bersilaturahmi, sekaligus melakukan dialog terkait kondisi keluarga Lansia yang dikunjunginya. Usai mendengar keluh-kesah warga, Uri Huryati kemudian memberikan bantuan berupa paket Sembako untuk mengurangi beban kebutuhan warga yang notabene dari kalangan usia non produktif ini.
Kunjungan Uri Huryati bersama beberapa pengurus Pimpinan Kecamatan (PK) Partai Golkar Kecamatan Mustikajaya ini diawali dengan menyisir wilayah Kelurahan Mustikajaya, Rabu (15/9). Hasilnya, sebanyak 25 warga Lansia dari keluarga tidak mampu ini berhasil disambangi.

Roadshow aksi peduli lalu dilanjutkan Uri Huryati dengan menyisir wilayah Kelurahan Padurenan, Kamis (16/9). Seperti biasa, Uri Huryati juga menyiapkan bingkisan Sembako sebagai wujud pedulinya terhadap kaum Lansia yang dikunjunginya.
Saat diajak berbincang seusai melakukan kunjungan, Uri Huryati menjelaskan dirinya sengaja melakukan aksi peduli ini dengan dilandasi rasa keprihatinannya terhadap nasib yang dialami kalangan Lansia, terutama selama masa pandemi Corona saat ini. “Saya sengaja melakukan kunjungan secara door to door, untuk melihat langsung kondisi masyarakat kita, terutama warga yang sudah Lansia,” katanya.

“Apalagi selama pandemi, kaum Lansia yang paling menerima dampaknya langsung. Karena mereka sudah tidak mampu bekerja lagi, dan kondisi fisik mereka juga sudah melemah. Nah, inilah yang menjadi perhatian saya,” ulas Uri.
Uri lalu mengungkapkan keprihatinannya terkait kondisi kesehatan para Lansia yang dikunjunginya. “Mereka rata-rata mengungkapkan masalah kondisi kesehatan, gangguan penglihatan. Bahkan ada yang tidak bisa berjalan, cuma bisa merangkak,” paparnya.

Untuk menjawab keluhan tersebut, Uri berharap kepada pihak Puskesmas membuat program kunjungan pemeriksaan terhadap kaum Lansia. “Sehingga kondisi para Lansia bisa terpantau, jika ada penyakit yang belum akut bisa segera disembuhkan,” harapnya.
Dalam kesempatan yamg sama, Wakil Ketua PK Partai Golkar Kecamatan Mustikajaya Deddy Alamsyah menyampaikan penilaian positifnya terhadap rasa empati yang ditunjukkan Uri Huryati. “Beliau sosok legislator perempuan yang memiliki empati tinggi. Sebagai kader Golkar, kami bangga memiliki legislator yang memiliki kepedulian terhadap masyarakatnya, apalagi terhadap para Lansia yang notabene merupakan sesepuh kita semua,” katanya.

“Roadshow kunjungan ini memang gagasan tulus Mpok Uri Huryati sendiri. Makanya kami langsung menyatakan siap dan merasa senang untuk mendampingi Beliau mengunjungi para Lansia, karena ini menjadi pelajaran berharga bagi kami tentang makna sebuah empati dan rasa peduli,” pungkasnya. (Mul)