Vaksinasi Merdeka Dimulai Lagi, Polsek Bantargebang Siapkan 16 Gerai Vaksin Gratis

Kota Bekasi, MPI
Kabar gembira ditujukan kepada masyarakat Kota Bekasi yang belum menerima vaksin untuk melindungi diri dari ancaman berbahaya virus Covid-19. Kepolisian Republik Indonesia (Polri) kembali melaksanakan program Vaksinasi Merdeka untuk jenis sinovac dosis I.

Program vaksinasi gratis ini secara temurun dilaksanakan seluruh jajaran Polsek, termasuk Polsek Bantargebang yang termasuk dalam wilayah hukum Polres Metro (Polrestro) Bekasi Kota. Sebanyak 16 gerai layanam vaksin pun disiapkan, meliputi dua wilayah kecamatan yakni Kecamatan Bantargebang dan Mustikajaya.
Kapolsek Bantargebang AKP Samsono, SH, MH menjelaskan Polri memulai kembali program Vaksinasi Merdeka Aglomerasi untuk jajaran Polres yang merupakan wilayah penyanggah Ibukota DKI Jakarta. “Kita mulai untuk tanggal 22 September sampai dengan tanggal 1 Oktober, dengan vaksin jenis sinovac dosis pertama,” kata Samsono saat meninjau gerai layanan vaksin di Kantor Polsubsektor Sumurbatu dan kediaman Ketua RW 01 Kelurahan Sumurbatu, Selasa (21/9).

Samsono memaparkan sasaran pelaksanaan Vaksinasi Merdeka Aglomerasi ini adalah untuk memperceoat terwujudnya kekebalan kelompok atau herd immunity demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19. “Makin banyak masyarakat yang memanfaatkan layanan vaksinasi ini, makin cepat terwujud herd immunity untuk mencapai target 70 persen masyarakat yang sudah divaksin,” ungkapnya.
Samsono menyebut pihaknya menyebar dua gerai layanan vaksin gratis di tiap wilayah kelurahan yang ada di Kecamatan Bantargebang dan Mustikajaya. “Jadi ada 16 gerai yang ada di wilayah hukum Polsek Bantargebang, tiap kelurahan ada dua gerai yang kami buka,” ulasnya.

Adanya program Vaksinasi Merdeka Aglomerasi ini mendapat sambutan positif dari kalangan masyarakat. Seperti yang diungkapkan Ketua RW 01 Sumurbatu Kiman Sumarwan.
“Masyarakat menyampaikan rasa terima kasihnya kepada jajaran kepolisian atas dibukanya kembali gerai Vaksinasi Merdeka, karena lokasi gerainya kini makin dekat dengan masyarakat sehingga masyarakat tidak merasa sulit jika ingin mendapatkan vaksin anti Covid-19,” ujarnya.
Kiman memaparkan dari jumlah penduduk yang ada di RW 01 Sumurbatu, sekitar 60 persen sudah menerima vaksin. “Mudah-mudahan dengan adanya gerai vaksin ini, makin banyak masyarakat yang divaksin sehingga terwujud herd immunity,” katanya.
Kiman juga menyatakan pihaknya bersama para pengurus RT sudah memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar segera mendatangi gerai-gerai vaksin yang disediakan pemerintah. “Kami sudah menghimbau kepada masyarakat, daan kami bersyukur masyarakat menyambut antusias,” jelasnya.
Sambutan antusias masyarakat juga disampaikan Ketua RT 003 RW 01 Sumurbatu Tamin Hidayat. Menurutnya, saat mendata dan melakukan sosialisasi, masyarakat yang belum divaksin langsung berminat dan mendaftar sebagai peserta vaksin di gerai Vaksinasi Merdeka.
“Alhamdulillah tidak ada kendala, masyarakat menyambut antusias. Terbukti saat melakukan pendataan, masyarakat yang belum mendapatkan vaksin langsung ikut mendaftar untuk program Vaksinasi Merdeka ini. Terima kasih Pak Polisi,” pungkasnya. (Mul)