Syamsari Gencar Perkenalkan Sejarah Dikala “Baruga Karaeng Bainea” Tinggal Kenangan (Berita MPI)

Takalar, MEDIAPATRIOT.CO.ID – Tinggal Kenangan, perjuangan dan pengabdian seorang tokoh pejuang seakan tak memiliki penghargaan berarti di masa keemasan Syamsari menduduki Kursi kepemimpinan 01 Kabupaten Takalar.

Pemerintah Takalar pada beberapa dekade terakhir sebelum pemerintahan Syamsari telah mengabadikan nama “Karaeng Bainea” dalam bentuk baruga yang berdiri kokoh tepat ditengah jantung kota Takalar sebagai penghargaan untuk Hj. Manila Krg Pati yang diperistri oleh Karaeng Polongbangkeng (Padjonga Dg Ngalle).

Tetapi saat ini sungguh nihil, pasalnya dari awal pemerintahan Syamsari sampai sekarang “Baruga Karaeng Bainea” telah dibumiratakan dengan tanah tanpa adanya tanda tanda akan dibangun kembali, ada apa ??

Sontak salah satu masyarakat Takalar yang dimintai keterangannya tanpa ingin identitasnya dipublikasikan menyayangkan Pemerintahan SK-HD, “Sungguh miris, disaat Syamsari gencar perkenalkan sejarah atau kearifan lokal “Baruga Karaeng Bainea” hanya tinggal kenangan dengan nampak kondisi rata dengan tanah selama bertahun tahun, bukan hanya itu, 2 taman pahlawan Nasional juga kini berganti nama, taman Pahlawan Nasional Ranggong Dg Romo Kini berubah nama menjadi taman kita sedangkan Taman Pahlawan Nasional Padjonga Dg Ngalle menjadi Taman Cinta, sungguh lucu di era pemerintahan saat ini” ujarnya.

Dirinya menambahkan dan mengharapkan agar kelak ada pemerintahan baru yang kembali peduli terhadap Baruga Karaeng Bainea, “Tentunya kami berharap agar Baruga Karaeng Bainea kembali didirikan kokoh seperti sedia kala yang sejatinya memiliki banyak kenangan dari beberapa era pemerintahan sebelumnya di Kabupaten Takalar” harapnya. (Mt)