Satgas Citarum Gelar Rapat Evaluasi Percepatan Dan Pencapaian Target PPK Di Sektor 9.

Bandung Barat, MPN.

Dihadiri Sekda Jawa Barat Herman Suryatna serta Para Dansektor 1 sampai 23, Rapat Evaluasi Percepatan dan Pencapaian Target PPK DAS Citarum tahun 2025 digelar di Posko Utama Sektor 9, Desa Galanggang Kecamatan Bandung Barat, Rabu (28/08).

Dalam paparan nya, Sekda Jawa Barat menyampaikan beberapa hal terkait progres dalam waktu yang tersisa 1 tahun 4 bulan.

Diantaranya adalah pencapaian Indeks kualitas air harus mencapai 60, sampai dengan tri Wulan kedua tahun 2024 indeks kualitas air sudah mencapai 50,78, masih ada selisih yang harus dicapai sampai dengan akhir tahun 2025.

Dansektor 9 Kolonel Arm Hari Wibowo menuturkan, rapat evaluasi juga membahas terkait pelaksanaan Penegakan Hukum oleh tim Gakkum terhadap para pelanggar di kawasan sungai citarum.

Dalam rapat tadi kata Kolonel Arm Hari Wibowo, disampaikan pencapaian progres Citarum harum sampai dengan tri Wulan kedua di 23 sektor, dari 12 Renaksi ditetapkan, ada 7 rencana aksi yang masih harus ditingkatkan seperti lahan kritis, sampah, limbah domestik dan industri, limbah ternak, sedimen, eceng gondok serta Keramba Jaring Apung.

” Kita semua akan melakukan penanaman pohon pada waktu yang tepat untuk memenuhi target dalam penanganan lahan kritis juga penanganan limbah ternak, domestik dan industri, sampah juga KJA,” ujar Dansektor 9.

Ditambahkannya, beberapa Dansektor juga menyampaikan permasalahan yang dihadapi di lapangan, selain aturan yang membatasi juga kurang nya naradamping dalam mengatasi bangunan liar, batas sempadan sungai, KJA termasuk lainnya.

Ada beberapa hal lanjut Kolonel Arm Hari Wibowo, tadi dalam rapat disampaikan bahwa jembatan apung, KJA juga restoran apung yang rata rata tidak memiliki ijin diharapkan agar ada penanganan yang khusus.

” Di sektor 9, kami terus berusaha untuk mengerjakan setiap rencana aksi sesuai dengan aturan, Alhamdulillah dalam penanganan sampah sektor 9 mendapat dukungan dua mesin olah sampah,” ungkap Kolonel Arm Hari Wibowo.

Turut hadir dalam rapat evaluasi Aster Kasdam III/Siliwangi, Kepala BBWS Citarum, Kepala Dinas Provinsi Jawa Barat yang terkait dengan program Citarum, Dirkrimsus Polda Jabar serta undangan lainnya.

Rie.