Bupati Hadiri Deseminasi Audit Kasus Stunting Tahap I Kabupaten Morowali Utara Tahun 2024

Morowali Utara, Mediapatriot.com – Bupati Morowali Utara DR. Dr. Delis Julakrson Hehi MARS, menghadiri kegiatan Diseminasi Audit Kasus Stunting Tahap I Kabupaten Morowali Utara Tahun 2024 yang berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati, Jumat (30/08/2024).

Pelaksanaan Audit Kasus Stunting merupakan bagian dari kegiatan prioritas dalam Rencana Aksi Nasional yang bertujuan untuk mencari penyebab terjadinya kasus stunting sebagai upaya pencegahan terjadinya kasus stunting.

Dalam arahannya Bupati Delis menyampaikan permasalahan stunting harus dimulai dengan menyamakan gerak langkah untuk bersinergi lintas sektoral dalam penyediaan data yang benar dan sesuai fakta dilapangan.

“Sebuah perencanaan yang baik diawali oleh data yang baik pula, jika data yang ada benar seluruh perencanaan bisa berjalan lancar dan tentunya memperoleh hasil yang baik pula.” ungkap Bupati Delis.

Bupati Delis juga menghimbau untuk seluruh dinas terkait dalam penanganan stunting dapat melaksanakan tugas yang jelas sesuai dengan perannya, jelas dalam tujuannya serta alokasi anggaran yang tepat sasaran dan efesien yang efeknya berdampak langsung pada masyarakat.

Kadis P2KBP3AD Alno Berniat, SKM, M.Kes memberikan penjelasan dalam tahapan kegiatan audit kasus stunting tingkat Kabupaten Morowali memiliki tujuan untuk mengetahui penyebab resiko terjadinya stunting pada kelompok sasaran dan menganalisis faktor resiko terjadinya stunting pada baduta/balita.

Beliau juga menambahkan untuk memberikan rekomendasi penanganan kasus dan perbaikan tata laksana pencegahan stunting untuk bisa diterapkan lebih baik lagi serta melakukan pemantauan atas penanganan kasus dan perbaikan tata laksana kasus stunting.

Pada waktu yang sama Dokter Ahli Gizi RSUD Kolonodale dr. Syaiyed Jamaluddin Assagaf, M.Kes., SP.Gk menyampaikan solusi secara umum terhadap masalah program percepatan penanganan stunting.

Beliau menjelaskan beberapa hal mendasar terkait stunting yang utama itu harus diperhatikan dari hulunya terlebih dahulu yaitu dari seorang perempuan yang akan menikah dan mengandung perlu gizi yang cukup dan meminimalisir kasus anemia yang memiliki pengaruh sangat besar pada kasus stunting.

Dokter Spesialis Anak RSUD Kolonodale dr. Davit Soesanto,Sp.An menambahkan perlakuan khusus terhadap anak juga sangat berperan dalam mencegah stunting terutama pemberian makanan dengan gizi yang baik dan selalu melakukan pemeriksaan kesehatan terkait tumbuh kembang anak.

Kegiatan ditutup dengan penandatanganan komitmen bersama terkait Rencana Tindak Lanjut Percepatan Penurunan Stunting Tahap I Kabupaten Morowali Utara Tahun 2024 oleh seluruh Tim TPPS yang disaksikan langsung oleh Bupati Morowali Utara.

Hadir dalam kegiatan mendampingi Bupati Delis, Wakil Bupati Morowali Utara, H. Djira K, S.Pd., M.Pd, Kadis P2KBP3AD Alno Berniat, SKM, M.Kes dan dihadiri oleh Tim Pakar dan seluruh anggota Tim Percepatan Penuruan Stunting (TPPS) dari berbagai sektor.

(Ardian Waeo)

Sumber : Diskominfo Morowali Utara