5 Cara Membersihkan Botol Minum yang Tepat Agar Bersih Maksimal

Sumber: https://www.static-src.com/wcsstore/Indraprastha/images/catalog/full//catalog-image/91/MTA-140281254/brd-44261_sigg-bottle-traveller-1l-botol-minum-olahraga-flinstonefash-terbaru_full03-7f86c61a.jpg


Botol minum merupakan peralatan yang sangat mudah terkontaminasi bakteri, apalagi jika proses membersihkannya tidak benar. Cara membersihkan botol minum sebenarnya cukup mudah dan hanya membutuhkan beberapa langkah saja. Meski demikian masih banyak yang tidak melakukan dengan benar sehingga banyak kuman yang berkembang.
Cukup banyak merk botol minum yang bisa menjadi pilihan, diantaranya Sigg Bottle. Menurut situs ruparupa, ada banyak cara yang bisa dilakukan agar botol minum yang Anda gunakan tetap bersih. Selain menggunakan sabun cuci piring, banyak bahan di rumah yang juga berfungsi sebagai pembersih.
5 Cara Membersihkan Botol Minum yang Tepat Agar Bersih Maksimal
Menjaga kebersihan botol minum merupakan langkah yang tepat karena akan berdampak pada kesehatan. Saat ini bahan untuk membuat botol minum sangat beragam, mulai dari plastik, kaca, stainless steel hingga melamin.
Meski bahan pembuatnya berbeda, namun cara membersihkan botol minum hampir sama. Anda tidak membutuhkan waktu lama untuk melakukannya. Selain mencuci, hal yang tidak kalah penting untuk menjaga kebersihannya adalah cara penyimpanan, pastikan tidak terkontaminasi dengan debu atau kotoran lain. Cara membersihkan botol minum yang benar adalah:

  1. Buka semua bagian botol
    Saat ini model botol minum sangat bervariasi. saat Anda mencucinya, pastikan semua bagian yang dapat dilepas, Anda lepas. Tujuannya agar tidak ada kotoran yang tersisa dan menjadi sarang kuman penyebab penyakit.
    Selanjutnya masukkan air hangat ke dalam botol dan tambahkan dengan cairan pembersih piring. Tutup kembali botol tersebut kemudian kocok-kocok sampai berbusa. Gunakan sabun cuci piring secukupnya saja untuk meminimalkan residu yang tertinggal.
  2. Gunakan sikat khusus
    Sikat untuk membersihkan botol minum berbeda dengan sikat lainnya. Biasanya bentuk ujungnya melengkung untuk memudahkan dalam menjangkau semua bagian. Pastikan semua bagian sudah digosok dengan menggunakan sikat agar kotoran terlepas. Tidak hanya bagian dalam, bagian luar botol juga harus dibersihkan.
  3. Gunakan air hangat untuk membilas
    Dalam mencuci botol minum sebaiknya selalu menggunakan air hangat, termasuk saat membilasnya. Air hangat akan membantu menghilangkan lemak dan sisa sabun dengan lebih cepat. Jangan lupa untuk mengocoknya dan bilas beberapa kali agar benar-benar bersih.
  4. Jangan lupa bersihkan bagian tutup botol
    Bagian tutup botol bisa jadi lebih kotor karena sering dipegang saat membuka dan menutupnya. Pada bagian ini tidak jarang di sela-selanya menumpuk kotoran yang sulit dibersihkan.
    Pastikan ujung sikat mengenai semua bagian tutup botol agar kotorannya rontok. Anda juga bisa menggunakan scrub atau alat pencuci piring untuk membersihkan bagian ini. Saat menggosok tutup botol jangan lupa menyesuaikan dengan bahannya. Tutup botol yang terbuat dari plastik sebaiknya digosok menggunakan busa yang lembut agar tidak meninggalkan goresan.
  5. Pastikan semua bagian kering kembali
    Setelah mencuci sampai bersih, langkah terakhir sebelum menyimpannya adalah mengeringkan botol minum. Gunakan kain fiber lembut yang mempunyai daya serap tinggi untuk mengeringkan semua sisa air. Setelah itu simpan di tempat tertutup seperti di dalam rak piring agar tidak kotor kembali.
    Anda bisa membeli botol minum, termasuk merk Sigg Bottle di Blibli yang merupakan marketplace terlengkap dan termurah di Indonesia. Berbelanja di Blibli aman, hemat dan cepat karena bekerja sama dengan ekspedisi terpercaya.
    Pastikan untuk memenuhi semua kebutuhan Anda dengan berbelanja di Blibli. Agar lebih awet, pastikan selalu melakukan cara membersihkan botol minum yang Anda beli di Blibli dengan benar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *