Susuri Sungai Ciburandul, Satgas Sektor 9 Sub 04 Bersihkan Sampah Penyebab Pencemaran.

Bandung Barat, MPN.

Kondisi sungai Ciburandul yang berada di Desa Desa Cipeundeuy Kecamatan Padalarang terlihat banyak sampah akibat debit air nya berkurang.

Hal itu diketahui setelah anggota satgas Citarum sektor 9 Sub 04 melakukan patroli dengan menyusuri sungai Ciburandul, diketahui ada beberapa titik sampah yang menumpuk di permukaan, Selasa (3/09).

Disampaikan Dansektor 9 Kolonel Arm Hari Wibowo, sungai Ciburandul termasuk salah satu yang bermuara ke Saguling, jadi harus terbebas dari segala bentuk pencemaran.

” Sampah rumah tangga yang dibuang ke sungai bisa mengakibatkan pencemaran berat, masyarakat harus memahami sebagai sumber daya alam, sungai memiliki peran penting, apabila tercemar akan berpengaruh kepada lingkungan masyarakat,” ujar Kolonel Arm Hari Wibowo.

Dengan alat seadanya, satgas Citarum sektor 9 Sub 04 bersama masyarakat turun dan langsung mengambil sampah berbagai jenis seperti plastik, Pampers, ranting pohon juga botol kemasan minuman.

Satu persatu diangkat dan di simpan di bantaran sungai untuk dikeringkan sebelum sampah dimusnahkan.

Menurut Dansub 04 Sertu Holid, sungai Ciburandul yang berhasil dibersihkan sepanjang 35 meter dengan lebar sungai 7 meter, sampah yang berhasil diangkat sebanyak 5 meter kubik.

” Sesuai dengan instruksi Dansektor, setiap sungai dan anak sungai yang bermuara ke Saguling harus terbebas dari sampah, jadi kami terus melakukan pemantauan dan pengawasan langsung dengan dibantu masyarakat,” ucap Sertu Holid.

Dansub 04 berharap masyarakat yang tinggal di sekitar aliran sungai bisa lebih bijak lagi dalam mengelola sampah, kita harus bisa mengembalikan sungai kepada fungsinya sebagai sumber kehidupan.

Rie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *